15 Juni 2012

Jembatan Jilid 1 (Sejarah dan Perkembangannya)

Sejarah Jembatan

Jembatan merupakan satu struktur yang dibuat untuk menyeberangi jurang atau rintangan seperti sungai, rel kereta api ataupun jalan raya.

Sejarah jembatan seiring dengan sejarah perkembangan manusia. Keberhasilan perancangan jembatan diawali dengan proses Cut and Try atau Try and Fail.

Jembatan pertama yang dibuat dengan titian kayu untuk menyeberangi sungai. Ada juga orang yang menggunakan dua utas tali atau rotan, yang diikat pada bebatuan di tepi sungai. Seterusnya, batu digunakan, tetapi cuma sebagai rangka. Jembatan gerbang berbentuk melengkung yang pertama dibuat semasa zaman Emperor Roma, dan masih banyak jembatan dan saluran air orang Roma yang kenal hingga hari ini. Orang-orang Roma juga mempunyai pengetahuan, yang mengurangkan perbedaan kekuatan batu-batu yang berbeda


Perkembangan Jembatan

Jembatan Zaman Purba

Pada zaman purba jembatan belum diakui sebagai suatu hasil karya. pada periode ini manusia purba menyebrangi sungai dengan menggunakan batang kayu tumbang.

Jembatan Dari Batang Kayu

Jembatan Zaman Romawi Kuno

Zaman Romawi kuno dimulai dari tahun 300 SM dan berlangsung selama 600 th. Bangsa Romawi merupakan ahli-ahli jembatan pertama. Jembatan yang mereka buat antara lain Jembatan batu dan jembatan beton dan mereka membuat dengan bentuk lengkung (arch). 

Untuk membangun pilar-pilar yang berada ditengah sungai, bangsa Romawi menggunakan Cofferdam. 

aquaduct pont du gard, Perancis




Jembatan Zaman Pertengahan

Zaman pertengahan Eropa berlangsung dari abad ke-11 sampai pada abad ke-16. Sekitar abad ke-12 di Perancis dibangun jembatan Avignon, bentuk yang digunakan adalah lengkung elips yang puncaknya dibuat lebih tipis. Prinsip ini sekarang dikenal dengan "Streamlining".

Jembatan Avignon, Perancis
Pada abad ke-16 dibangun pula jembatan Rialto (Venice), dimana ini merupakan jembatan terbaik abad pertengahan.

Jembatan Rialto, Venice


Jembatan Besi dan Baja

Jembatan Besi dan baja mulai digunakan saat sejalan dengan adanya Revolusi Industri. Konsep jembatan Besi pertama masi meniru konsep jembatan batu. Jembatan besi pertama adalah jembatan Coalbrookdale (Inggris). Jembatan Coalbrookdale berbentuk setengah lingkaran.

Jembatan Coalbrookdale, Inggris

Jembatan Fith of Forth, Skotlandia


 Zaman Jembatan Gantung

Jembatan gantung terbesar pada abad ke-18 adalah jembatan Menai Straits (Inggris) yang dibangun pada tahun 1825. Jembatan ini masih menggunakan menara batu sebagai pilarnya.

Kemajuan njembatan gantung diawali dengan dibangunnya Jembatan gantung Niagara (USA) yang dibangun tahun 1851.

Penggunaan kabel baja (Wire Steel) menggantikan kabel besi pertama kali digunakan didunia pada Jembatan Brooklyn. 

Jembatan Menai Straits, Inggris

Jembatan Niagara, USA


Brooklyn Bridge, New York



Zaman Jembatan Cable Stayed

Selama lebih dari 3 dekade, jembatan cable stayed digunakan di Eropa. Jembatan ini memiliki keunggulan yang lebuh baik daripada jembatan Gantung.

Jembatan Saint Nazzaire, Perancis

Zaman Jembatan Beton

Jembatan beton mulai populer sejak tahun 1865. Bentang terpanjang yang pernah dicapai menggunakan gelagar beton bertulang adalah 78 meter. 
Jembatan Beton lengkung terpanjang yang pernah dibuat adalah Jembatan Lengkung Sedney (300 meter). Bentuk serupa juga dibangun di swedia pada tahun 1943, yaitu jembatan Sando.
Jembatan Sando, Swedia


to be continued >>> Jembatan Jilid 2







1 komentar: